Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat

Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat

Dalam Al quran, Surah Al-kahfi ayat 60-82 dikisahkan tentang pertemuan Hamba Allah dengan Nabi Musa. Hamba Allah yang menurut banyak ulama ahli tafsir adalah Nabi Khidir.

Pertemuan yang menceritakan keinginan Musa untuk mengikuti Nabi Khidir untuk menjadi Muridnya. Namun Nabi Khidir mengatakan kalau Nabi Musa tidak akan mampu. Namun demikian Nabi Khidir memberi kesempatan kepada Nabi Musa untuk mengikutinya dengan syarat tidak menanyakan apapun, dalam perjalanan itu.

Doa Nabi Khidir dalam Al-quran

Diceritakan sebelum memulai perjalanan yang melewati laut, Nabi Khidir melubangi perahu yang akan digunakan berlayar. Nabi Musa yang melihat itu lupa akan peringatan Nabi khidir untuk menanyakan apapun. Nabi Musa bertanya mengapa Nabi Khidir melakukan itu. Nabi Khidir tidak memberi jawaban hanya mengingatkan Nabi Musa untuk tidak menanyakan apapun lagi.


Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat

Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat


Kisah selanjutnya, Nabi Musa juga tidak bisa menahan kesabaran saat melihat Nabi Khidir membunuh seorang anak laki-laki. Lagi-lagi Nabi Khidir tidak menjawab dan mengingatkan Musa untuk berhenati bentanya,

Sesampai di kota, Nabi Khidir membantu keluarga miskin untuk mendirikan dinding rumah yang hendak roboh, tanpa bayaran sedikitpun. Melihat itu Nabi Musa sekali lagi tidak bersabar dan langsung menanyakan itu kepada Nabi Khidir.

Kisah Nabi Khidir Dan Nabi Musa

Setelah pertanyaan itu Nabi Khidir mengambil keputusan untuk berpisah dengan Nabi Musa, karena tidak bersabar dan terus menanyakan sesuatu yang sebenarnya nanti akan diberikan penjelasan.

Sebelum Nabi Khidir dan Nabi Musa berpisah, Nabi Khidir memberikan jawaban sekaligus penjelasan kepada Nabi Musa tentang apa yang menjadi pertanyaannya.

Perihal Nabi Khidir yang melubangi perahu ketika hendak berlayar, Nabi Khidir mengatakan kalau itu dilakukan agar orang mengira kalau mereka adalah orang miskin, karena dalam perjalanan akan bertemu dengan penguasa yang akan mengambil perahu itu kalau perahu itu dalam keadaan baik dan terkesan kaya.

Nabi Khidir memberikan penjelasa mengapa membunuh anak kecil yang ditemuinya. Itu dilakukan sebab kelak anak itu akan menjadi kafir dan itu akan bisa mempengaruhi kedua orang tuanya yang orang yang taat. Selain itu Allah akan mengganti dengan anak yang sholeh dan sangat menyayani kedua orang tuanya.

Sementara Nabi Khidir membantu mendirkan dinding warga yang hampir roboh beralasan karena itu kepunyaan dua anak miskin yang yatim paitu. Dimana di bawah dinding itu orang tuanya telah menyimpan harta untuk membiayai hidup anak itu di masa depan saat mereka dewasa.

KIsah Nabi Khidir dan Nabi Musa ini memberikan pelajaran kepada kita bahwa tidak ada pengetahuan yang sempurna untuk mengetahui masa depan kecuali Allah Subhanahu wata'ala beserta orang-orang yang Allah pilih untuk mengetahuinya. KIta harus bersabar untuk tidak menjadi hakim atas sebuah kejadain karena bisa jadi ada hikmah dan kebaikan yang Allah berikan melalui sebuah peristiwa.

Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan segala Hajat

Dalam kitab Ihya Ulumudin, karya Imam Ghazali, buku 1 halaman 319, Ad Daraqutni, Ibnu Asakir, Asraraul Marfuah yang merupakan hadis ke 13 meriwayatkan bahwa apabila mengamalkan Doa Nabi Khidir bisa menjadi sarana mendaptkan keutamaan berupa kebaikan dan dijauhkan dari marabahaya dan bala serta insha Allah membantu mengabulkan semua hajat. Baik hajat dunia seperti; kekayaan, melunasi hutang, memiliki keturunan, mendekatkan jodoh dan hajat-hajat yang lain. Pun hajat Akhirat dimana semua kita memperoleh keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat. Lakukan dengan ikhlas dan istiqomah.

Doa Nabi Khidir Untuk kekayaan

Doa Nabi Khidir dan Nabi Ilyas

Doa Nabi Khidir biasa dikenal dengan doa Bismillah Masya Allah dapat diamalkan untuk meminta kepada Allah: kecerdasan, kepandaian, kekyaan dan hajat yang lainnya. Di masyarakat sendiri  Doa Nabi khidir ada yang menyebut dengan doa "Bismillah 5 Nabi Khidir" ada juga yang menyebut "Bismillahi 4". Doa Nabi khidir yaitu doa agar mendapat keistimewaan sebagaimana Nabi Khidir, agar terjauh dari kesulitan dan Allah akan membantu mengabulkan hajat kita. 



Doa Nabi Khidir untuk memancing

Seperti doa Nabi Sulaiman doa Nabi Khidir ini juga terkenal buat yang hobby memancing ikan, doa Nabi Khidir ini bisa di amalkan. Sebagian besar beranggapan bahwa Nabi Khidir diyakini masih hidup dan sering melakukan perjalanan menyusuri diantara sungai atau menyamar menjadi orang yang sangat fakir dan miskin. Wallahu 'alam

Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat

Doa Nabi Khidir Untuk Mengabulkan Segala Hajat


Semoga Allah senantiasa memberikan kepada kita ampunan dan rahmat, keselamatan dunia dan akhirat.

Aamiin

Wallahualam